Aku Calon Dokter Gigi Bukan Penculik ko #Amin

Aslm temen-teman... aku come back,,,, setelah beberapa bulan yang lalu hilang tertelan kemalasan...Kali ini aku cerita bukan lagi anak preklinik yang hanya kerja dengan phantoom2ku lagi.. sekarang aku sudah masuk periode klinik sudah mulai kerja layaknya seorang dokter gigi, bekerja berhubungan langsung dengan orang... yaaa manusiaaa... ya keluarga temen-temen dan diaaa yang terbujuk dengan rayuan manis gombalku..

Pertama-tama, puji dan syukur saya panjatkan kepada allah swt. karena berkat allah saya bisa tetep memperjuangkan cita-cita saya untuk menjadi dokter gigi... masih bisa berdiri diantara orang2 hebat yang selalu mengajariku mengenai hidupp dan kerasnya dunia kedokteran gigi... masih bisa berbicara di depan hanya untuk sekedar memberi penyuluhan kepada anak-anak bangsa yang haus akan ilmu dan pengetahuan tentang kedokteran gigi.. masih bisa tertawa diantara wajah-wajah orang-orang yang menyemangati.... masih bisa meraih dan mengambil ilmu-ilmu yang akan membawaku ke singgah cita itu..

Kedua aku haturkan banyak terimakasih dulu ke kuma kupa.. berkat dukungannya,, biayanya, pikirannya serta tenaganya.. aku masih bisa berjuang disini,,, ditempat ini... diposisi yang seperti ini... terimakasih karena kalian masih mempercayaiku untuk bisa meraih citaku... sabarlah maaa..paaa... aku bisa meraih apa yang sedang aku impikan. meskipun harus berkerja lebih keras untuk meraihnya... sabarrr maa paaa...jgn pernah lihat orang lain... karena aku dan mereka itu beda..

yupssss.. balik lagi.... sekarang aku udah masuk klinik kan.. mppphhh lebih sering dikenal dengan sebutan koas (co-ass) co itu yang membantu, asisten itu yang membantu... jadi sebenernya koas itu pembantu dari pembantu *bahasanya ga ada yang lebih keren apa hahahaha,,,

tapi kerennya koas itu sering disebut sebagai dokter gigi muda #Aminnnn.... 

Sebenernya aku baru beberapa bulan masuk ke periode klinik... yaaa dua bulan adalah yaaa.. nah beda dengan koas dokter umum,,, kita harus mencari pasien untuk memenuhi requirement kita... beda halnya dengan koas dokter umum yang cukup berdiam diri di bagian untuk menyambut pasien yang datang...
yaaa mungkin ini nilai plus yang bisa kita peroleh.. harus berjuang menemukan pasien-pasien.. harus bergentayangan diantara masyarakat yang masih--masiiih meragukan kemampuan kitaaa...

nah di awal masuk klinik ini kita mulai mencari pasien untuk oral diagnostik saja,,, dalam artian kita hanya memeriksa pasien itu sampai menegakkan diagnostik apa yang terjadi pada gigi dan mulut seseorang... sepelekan  bagi mereka yang telah berpengalaman lebih dari 40 tahun di dunia kedokteran gigi,,, yaaa.. bisa jadi... tapi bagi aku... bagi kami.... ini sangat sangat lebih dari biasa... kenapa???
disini kita mulai bagaimana memeriksa pasien seutuhnya,, bagaimana menegakkan diagnostik,,,, yang hanya baru kita dapatkan ilmunya kurang lebih 3 tahun perkuliahan,,, bagaimana susahnya mencari pasin(lebay... tapi memamng bener susahnya nyari pasien ,, lebih2 dari susahnya nyari uang0 huhuhu... antahlah itu mungkin hanya aku yang merasakannya)

diawal oral diagnostik ini kita harus mencari pasien dengan periode usia yang berbeda,, pasien anak dan pasien dewasa... kali ini saya akan menceritakan pasien anak dulu...
menurut kalian yang hobi atau senang berkomunikasi dengan anak-anak mungkin hal sepele ketika harus mengajak seorang anak untuk diperiksa gigi nya,, tapi apa kalian yakin dengan kepiawaian kalian dalam komunikasi bisa menjamin anak itu mau kita periksa??? mmmmphhh kemungkinannya dua ya atau tidak hahaha
yes,,, ini mungkin pengalaman aku yang paling membekas sampai nanti aku jadi dokter gigi,,,
ini kisah ketikaaa aku mencari pasieeen
hahahaha
bodoh yaaa,, kalau kita hanya memikirkan requirement kita saja tanpa bermanfaat pada pasiennya sendiri.. egois betul calon dokter yang seperti ini,..
huft,,, semoga tidak ada yang seperti ini,,, harus ada keuntungan yang kedua belah pihak dapatkan..


Di Siang hari nah panas membahana hahaha naon sih
aku dan temanku janjian disebuah gang yang biasa kita ketemu kalau mau mencari pasien,,, yups sebut saja gang twuisba hahaha...
siang itu matahari nampaknya tidak sedang bersahabat dengan kita,, kenapa??? karena teriknya sampai membakar tulang belulang kami yang hanya diselimuti beberapa mm kulit.. tapi teriknya matahari tak membutku terdiam uantuk berhenti sejenak berharap lambaian angin membuat kamu terlena... kami terus berjalan menapaki... perlahan kami temuiiii bersosok anak dengan wajah yang cukup membuat matahari redup karena teriknya terkalahkan oleh semangat kami... kami perlahan perlahaaaan mendekati ber-sosok anak-anak itu... muka paling manis pun telah kita keluarkan untuk menarik perhatian anaknya...

satu kataaa .... "adekkkkk"

(laaaaaaaaaaaaaaaaaaaaarriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii)i ... kata itu nampaknya membuat mereka takut,, apa yang salah.. kami coba melihat diri kami... apa yang membuat mereka takut??? kami terus bertanyaaa...

"kami bukan penculik de,, kami koas baru yang lagi nyari pasein buat diperiksa giginya" kata-kata yang sudah jauh2 aku persiapkan

bisikan pun lebih keras " deeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee, sini tak culik kau.. tak potong-potong tubuhmu buat tak buatin sop.." hahahaha #tambah serem dong anak-anaknya.

nahhh.. kami baru sadar,, kami terlalu cepat dan terlalu bersemangat memanggil adek2 itu , sehingga mereka menganggap kalau kita adalah dua sosok orang yang menyeramkan.. huft. mereka mungkin menyangka kami penculik anak.. penculik yang selalu datang pada cerita yang selalu diceritakan oleh orang tua meraka.. penculik yang akan membawanya kedalam karung dan menjualnya*emang beras hahaha.. tapiii yaaa itulah demikiana adanya
mereka ketakutan karena selalu terngiang dengan cerita orang tuanya yang slalu berpesan untuk lari jika ketemu orang asing yang tidak pernah diliatnya..
alhasil kami yang calon dokter gigi mereka pikir sebagai seorang penculik...
harus banyak  ide dan komunikasi untuk merebut hati anak itu,, harus bisa mendekati anak layaknya mereka didekati sama oran yang dekat dengan mereka...

lucu kadang, ingin tertawa sendiri jika membayangkan kembali kejadian itu,,, huh... inilah pengorbanan.. inilah kisah yang harus aku temukan untuk melengkapi cerita menggapai citaku,,,
tak banyak kataa... hanya harus berdoa.. semoga allah melancarkan semua urusanku dan mempermudahnya,,, kisah ini mungkin akan menjadi kisah kecil pelengkap cerita yang lain.. biarkan ini mnjadi pengalaman yang harus aku ingat untuk aku jadikan pembelajaran dikemudian hari.. mppphhh sekian dulu cerita prakliniknya... lain kali diceritakan lagi hahaha
see u
Wassalam :)
salam semangat dari aku yang sedang belajar bagaimana menjadi dokter gigi yang baik

Komentar

  1. Bgm cara mencari pasien utk perawatan saluran akar gigi. Sy bukan fkg hanya ingin membantu teman sy yg juga koas. Tolong utk Saran nya. Trims

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer