Praktikum OD (Tambal Menambal bahasa kerennya :D) Part 1

            Assalammualaikum..... Hallo teman-teman,,ketemu lagi ni sama aku.. entah kenapa hari iini lagi hobi nulis.. ga tau karena banyak waktu senggang ga tau kenapa,,hehehe 
        
           Sekarang aku mau cerita mengenai praktikum di semester empat inii,, nama mata kuliahnya OD (Operative Dentistry) dimata kuliah ini kita di ajarkan mengenai cara menambal gigi :D bagi yang giginya bolong cepet2 ditambal ya kawan kawan :)

           Yu dengerin ceritanya..........
         Hampir 2 bulan sebelum praktikum OD ni kami, khususnya saya sibuk nyari2 gigi di puskesmas2 di garut *nyampe semua pegawai puskespas tau nama aku,,ckckckckck meskipun saya termasuk orang yang jijian tapi karena tuntutan praktikum memaksa aku untuk belajar agar tidak jijian :). Hampir setiap jum'at pagi saya bersama ayah saya yang setia menemani nyari gigi datang ke puskesmas hanya untuk berburu sebiji gigi imoet,,hehehehe... meskipun lelah dan menjijikan tapi tetap bersyukur karena mendapatkan giginya,,, ini diaa kumpulan giginya....


          Jiji ya kalau diliat-liat tapi santai aja teman2 udah dibersihin ko giginya pake H2O2 sama pake byclean,, jadi gigi nya udah pada cantik kan :D *Abis mandi sih jadi cantik..he

             Nah, kalau yang ini gigi Pedo (gigi anak kecil teman2 ini di gunain nanti pas praktikum Pedo semester 5 cuman sambil nyari gigi dewasa sekalian nyari gigi pedo juga :D *menyelam sambil minum air hehhee ,,
     
                  Setelah mengumpulkan gigi saya mulai mengidentifikasi macam-macam giginya *diidentifikasi kaya korban sukhoi aja ya,,hehehe setelah terkumpul gigi disusun dan diberi nama satu persatu untuk di acckan ke dosen.... hari pertama praktikum saya disuruh mengumpulkan gigi sebanyak 48 buah dengan macam gigi yang berbeda. tapi alhamdulillah hari pertama kuliah saya bisa ngacc-in 46 gigi...ni gigi yang udh di acc.           
           Nih dia gigi yang udah di acc keren kan udah ada tanda tangannya di bawah giginya :p... karena kurang dua gigi yaitu gigi 4.4(premolar 1) dan 3.6 (molar 1) akhirnya sebelum praktikum keduanya saya nyari2 lagi gigi tersebut dengan meneteskan keringat dan air mata *lebay dikit hehehehe  dengan pengorbanan yang sangat memberikan hasil yang memuaskan akhirnya saya dapat dan JRENG,,,, Minggu kedua praktikuam saya bisa menyelesaikan acc gigi semuanya sebanyak 48 biji...susah emang tuh nyari gigi 6 (molar pertama) banyak yang bolong uy,,hehehe

           Setelah semua gigi terkumpulkan saya masuk ketahap praktikum selanjutnya yaitu menyusun gigi untuk phantom kerja dan phantom latihan disusun sesuai susunan dalam mulut,,, ini dia phantom aku yang jelek :p

     Yang di atas ini namanya phantom kerja setelah kita nyusun giginya sesuai dengan aturan dan kemiringan setiap gigi, kita bentuk lem yang ada gi bawah giginya itu membentuk gusi sesuai gusi pada mulut kita ,,,mmmmpppphhh susah sih tapi kalau udah nyoba gampang ko,,hehehehehe :D


       Yang disusun pake gips putih  ini namanya phantom latian,, jadi sebelum praktikum ke phamtom kerja, kita belajar dulu di phantom latihan :) lucu ya giginya :D

      Setelah pekerjaan ini selesai kita maju ke perkerjaan yang inti dari praktikum OD ini yaitu Preparasi gigi *bahasa kerennya bolongin gigi yang tadi dikumpulin untuk persiapan di tambal,,, hehehe meskipun heran gigi bagus2 di preparasi tappi yaaa makan aja deh tuh keheranan... Preparasi ini dimulai dari gigi Premolar 1 (1.4) pada phantom latihan.. sebelum preparasi kita harus tahu dulu syarat-syarat preparasinya...
     Syarat prevarasi ada 4 yaitu Pertama Extension for prevention yaitu perluasan untuk  mencegah terjadinya karies sekunder meliputi membuang pit dan fissure, melingkari bonjol. Kedua Resistence Form yaitu bentuk atau tempat dinding kavitas yang dapat bertahan tanpa fraktur dari daya kunyah, meliputi alas yang rata, dinding rata, dinding mesial dan distal sejajar dengan mesial dan distal marginal ridge. Ketiga Retence Form (Retensi) yaitu Bentuk kavitas yang dapat menahan terlepasnya suatu tambalan atau restorasi, meliputi undercut (pada bukal dan palatal atau lingual) dan kavitas mengecil ke oklusal. Terakhir, yang keempat convinience form yaitu bentuk kavitas yang memudahkan alat dan bahan tambal masuk kedalam kavitas. syarat yang keempat ini tidak berlaku di kelas 1.
     
     Tahap,,, tahapppp prevarasi :
1. outline form
2. resistence form
3.retence form
4.convenience form

     Jadi gini teman2, awal prevarsi,, kita pasangkan bor bundar ke contra angle di distal atau mesial gigi yang telah di gambar outlinenya sampai dibawah DEJ perbatasan email dan dentin :D, setelah itu ganti bor dengan menggunakan bor fissure untuk meluaskan sesuai dengan outline yang telah di gambar. kemudian setelah kavitas sesuai dengan ooutline buat undercut di bagian bukal dan palatinal jangan di mesial dan distal karena dapat melemahkan marginal ridge.

      Ituuuu,, temen2 hasil pengalamanku.. dipraktikum OD Lain kali sambung lagi ya ceritanya :D

Komentar

  1. punten teh, saya anak fkg juga.. teteh dapat gigi buka cavum dimana ya? makasih teh��

    BalasHapus
  2. punten teh, saya anak fkg juga.. teteh dapat gigi buka cavum dimana ya? makasih teh��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo salam kenal ya.. saya dapetnya di puskesmas di Garut nih... tapi di puskesmas daerah gitu, di Bandung coba di prodia yg dkt SMA 24 Bandung yg daerah ujung berung

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer