"Oh, Kirain Setelah Empat Tahun Udah Jadi Dokter Gigi"

                  Pengetahuan masyarakat di daerah kabupaten mengenai pendidikan sangat memprihatinkan, hal itu bisa dilihat dari segelintir orang yang berada di kabupaten tempat tinggal saya. Sebut saja kabupaten itu Garut #pastipadataukabupatendenganmakanankhasDODOL.

   "Le, kapan lulus?? gigi gue sakit nih :'( "
         "Len, nanti bibi mau bikin gigi palsu ya. tapi gratis aja. bentar lagi luluskan?"
               "Le, kapan nikah?.. bentar lagi kan udah jadi dokter gigi"
                     "Lena, nanti ibu dan yang lain kalau berobat gratis ya? berapa tahun lagi ? ngambil S1-kan?                     pasti bentar lagi jadi drg"


segelintir pertanyaan yang sering terdengar kalau saya pulang ke rumah dan ketemu dengan sahabat, guru serta tetangga.. dari pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan itu dapat saya simpulkan bahwa orang-orang tidak begitu mengetahui mengenai pendidikan khususnya mengenai pendidikan dokter gigi.

"......, wah masih lama saya jadi dokter gigi. jadi kalau mau jadi dokter gigi itu ga cukup sampai S1 aja. S1 itu baru punya gelas S.KG (Sarjana Kedokteran Gigi), ketika kelak dapet gelar S.KG itu tidak boleh menangani pasien apalagi memberi pengobatan. Untuk bisa melakukan perawatan kepada pasien, dari S1 harus mengikuti program profesi untuk mendapatkan gelar DRG (Dokter Gigi), nah setelah dapat gelar itu, baru bisa menangani dan mengobati pasien." cukup jawaban itu yang bisa mewakili pertanyaan2 yang mereka lontarkan


      Rata-rata orang mengetahui bahwa kelak setelah lulus S1, saya sudah bisa membuka praktek dan menangani pasien. Mereka menyangka kelak setelah saya kuliah empat tahun saya sudah menjadi seorang dokter gigi. Beberapa kali saya jelaskan kepada orang-orang yang menyangka demikian. namun cukup sedikit orang yang menerima penjelasan itu mengerti dan menerima apa yang saya jelaskan. Kebanyakan orang masih keukeuh kalau setelah S1 itu nanti saya akan langsung buka praktek. Hemmmm... kadang kala saya emosi ,, namun lamakelamaan saya punn terbiasa menjelaskan itu kepada orang-orang yang berkata S1 jadi dokter itu...

     Mungkin saya harus belajar lebih giat, biar bsa cepat menjadi drg #amiinnnn... kelak ketika saya menjadi drg, saya pasti akan mengobati orang2 yang sakit gigi... doakan saya cepet jadi drg ya :) :D




Komentar

Postingan Populer