Liburan OK Ilmu diperoleh

Aku berbagi dengan cerita bulan Januari 2012 yang lalu...


              Alhamdullilah hari ini , hari pertama aku ikut kerja nyari pengalaman.
hari ini, aku berada 4 jam diruang praktek drg arya. bngung? takut? malu? jelas ADA .
ga terbayang sedikitpun bisa seperti ini, aku yang hanya memiliki setitik ilmu pengetahuan dibidang kedokteran giigi, bisa berkesempatan untuk bisa melihat kerja salah seorang dokter yang sangat-sangat hebat. awalnya tak terbayang sedikitpun liburan kali ini aku isi dengan hal yang seperti ini... untuk yang pertama kalinya aku memasuki ruangan dokter hanya dengan tujuan melihat kerja dan memperhatikan bagaimana alat-alat kedokteran gigi di aplikasikan kedalam mulut pasien.. beruntung bukan aku???

                Pengalaman aku berawal dari datang nya seorang pasien :
ciiieee pasien pertama: Seorng ibu2 yang kira2 umurnya lebih tua dari saya*hahaha iaa lah lebih tua datang bersama suami+anaknya datang dari depok *wah jauh juga ya? ga ada dokter gigi apa di deepok ... ckckckc. ibu tersebut ngeluh gigi M1 rahang atasnya bolong...mmmmpphhh dokter pun periksa beliau..ternyata bolongnya ada di servikal gigi M1. huahhh...ibu nya ngotot mau ditambal. dokterpun mulai memeriksa gigi ibu tersebut dan mencari tahu pa gigi tersebut telah mati atau masih hidup. ternyata itu gigi yang msih bagus telah mati.. huffttt.. sayang.. aakhirnya dokter berkata bahwa ibu tersebut tidak bisa di tambal, karena kalo ditambal bisa menyebabkan bengkak. dokter menyarankan kalo mau ditambal haru perawatan dulu pulpa, atauuuuuu harus di cabut tuh gigi,... mmmmphh karena ibunya keukeuh mau di tambal.. akhirnya beliau cuman berkata ya sudah dok nanti saya pikir2 dulu,,, tp kalo di paksa ditambal gmn dok....huahhhhhh...cckckckckc  ibu...bu *geleng2. akhirnya dokternyapun menambal gigi tersebut.... begitu banyak alat-alat dan bahan yang digunakan dalam menambal gigi... sampai ga bisa menghafalnya.. tak apalah OD nya juga baru mulai semester ini. tapi dengan adanya ibu2 tersebut saya sempet berpikir berarti nanti paasien yang datang ke aku ga akanjauh beda kaya ibu ini,,hehehe pasti ada yang ngotot juga *tapi bukan ngotot turunin harga tambalnya ya...ckckckkckck dokterkan ga bisa di tawar :P. Dari pasien pertama ini pengalaman yang bisa aku ambil yaitu, kita akkan bekerja diruang yang sempit yaitu rongga mulut, tetapi banyak sekali bahaya yang ditimbulkan kalau kita ceroboh,, selain itu aku jadi tau alat-alat yang digunakan saat drg menambal...

          Lanjut dengan pasien yang kedua: suami darii ibu yang tadi...hihi *Assssiiikkk bgt setia nih suami istri,,, yang ini kasusnya lebih mudah, beliau hanya mau membersihkan kararang gigi...mmmmmmmmmmppppphhh alatnya namanya ultrasonik scaler *ga tau nulisnya,,haha.... uhhhh karang giginya banyakkk bangeettt..huhu. Dari Pasien ini dapet satu pengalaman,, yaitu kalau pake yang mahal buat bersihin karang gigi, maka kerjaan kita akan cepat usai,,hahahhaha

                  Pasien ketiga sssssssssttttt masih muda dia brondong..hhahaha ternyata dia seorang anak setahun dibawah umur ku... dia lulusan 2011..mmmphhh dia keturunan tentara,,, ckckckc dia berniat masuk tentara tapi gigi 2.1 nya sudah tidak ada kaena kecelakan.. yang satu ini ,,,mppppp pasien yang  bikin kita semua yang ada  diiruangann ngakak...ckckckc... dia datang dengan gigi palsu yang telah di pasang oleh seorang tukang gigi,,, pasiiien mengeluh dan meminta gigi tiruan yang permanen agar ga bissa di copot.. dia bilang.. males dok kalau harus buka pasang gigi,,hahaha jiji juga dok...ckckckc. aneh dasar... dokter pun menawarkan 3 pilihan gigi tiruan, yang pertama gigi tiruan lepasan tetapi yang plastis, kedua implant.. satu lagi lupa(tapi yang pasti yang satu ini , gigi tiruan yang harus mengorbankan gigi di sebelahnya dikorbankan).. pertama dokter menjelskan yang implan,, dokter bilang, kalo mau yang implan harganya 15 juta..hahah mau??? ckckckc pasien terkejut.. adn dia bilang,, yang lain aja dok..ha itu kemahalan... hahahah (Dipercepat) * akhirnya si anak memilih gigi tiruan lepasan yang plastis..huhu dan akhirnya di cetak deh... pas mau bayar dia minta kwitansi..hahaha dia bilang takut dokter lupa------------ni anak...parah..ha. lama-lama ngobrol yang jadinya malah yang murah bukan implant... hahahha dasar,, akhirnya anaka itu setuju dan mau memasang gigi palsu yang elastis. Nah pengalaman dari pasien ini, aku jadi tau berapa tuh harga pasaran gigi tiruan di garut ini,,ckckckc sekalian mengulang cara2 yang baik saat mencetak rahang pasien.

                  Masuk pasien yang ke-4 mmphh yang ini kasusnya bapa2 yang mau cabut gigi, tapi memiliki tekanan 150/90..upppsss
kan dicabut gigi ga boleh /90... harus di bawah itu.. akhrnya dokter ga jg cabut dh...cuman ngasih resep... jadi pengalaman yang bisa aku petik yaitu.....hati2 kalau mau cabut gigi ga boleh lebih dari /90 Tekanannya


              Inti dari ceritaku ini yaitu meskipun kita libur kuliah , tapi tetep kita harus terus menerus menggali ilmu dan pengetahuan kita bagaimanapun caranya, selain itu dengan memiliki pengalaman yang banyak maka kerjaan kita nanti tidak akan terasa susah karena kita pernah mengalami dan mengetahui sebelumnya...
Yeahhhh,, ceritaku tentang pengalaman ikut kerjakku aku sudahi sampai di sini ya kawan2
Berhubung ngantuk.. lain kali disambung deh....
Muga pengalaman saya+ilmu saya terus bertambah :D aminnnn.. 
mudah-mudahan yang membaca tergerak hatinya untuk terus meningkatkan ilmunya serta mengingat semua pengalamannya.. semoga cerita ini bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat...aminnnn

Komentar

Postingan Populer